Sabtu, 09 Maret 2013

Sejarah SOEBEX MANIA

SOEBEX MANIA berdiri pada tanggal 09 Mei 2007. Mendukung pertama kalinya, pada saat PERSIPASI Kota Bekasi melawan PERSEBI Boyolali pada laga Liga Divisi Satu 2007/2008 yang saat itu anggota SOEBEX MANIA hanya terdiri dari 20 sampai 30 orang anggota. Awalnya para pendiri SOEBEX MANIA sempat memikirkan nama yang sesuai, ada beberapa nama yang terpikirkan seperti BEKASI MANIA ( BEKMAN ), SUPPORTER PERSIPASI MANIA ( SUPERMAN ), dan SUPPORTER BEKASI ( SOEBEX MANIA ). Dan terbersit dari salah seorang pendiri dia menyebut SOBEK yang terinspirasi dari salah seorang artis lawak yang sudah terkenal yaitu TUKUL yang kala itu sering menyebut kata dengan ucapan ciri khasnya beliau yaitu “ Ta’ sobek – sobek “ dalam sebuah acara televisi swasta Indonesia. Karena ketidak asingan kata “ sobek “ itulah maka nama yang diambil untuk nama supporter PERSIPASI Bekasi, ) agar lebih mudah di ucapkan dan dikenal.maka tercetuslah nama SOBEK MANIA ( SOEPERTER BEKASI ).

  Selama perjalanan waktu nama SOBEK MANIA berubah menjadi SOEBEX MANIA yang memiliki arti “ Soeporter Bekasi X “ dan mengapa dalam penulisan “ supporter “ memakai penulisan jaman dahulu menjadi “ soepporter “ itu karena, kota Bekasi terkenal akan Kota Perjuangan dan untuk lebih memiliki arti perjuangan itu sendiri, maka diambil kata “ SOEPORTER “. Dan untuk penulisan SOEBEX nya sendiri tidak memakai huruf “ K “ tetapi “ X “ itupun memiliki history tersendiri. Karena, sebelum terbentuknya SOEBEX MANIA sebagai supporternya warga Bekasi, di kota urban seperti Bekasi ini sebelumnya sudah berdiri terlebih dahulu beberapa nama supporter team sepakbola luar kota Bekasi yang keanggotaannya adalah warga Bekasi itu sendiri. Dan untuk mempersatukan warga Bekasi sendiri dalam mendukung team kota Bekasi PERSIPASI Kota Bekasi dan PERSIKASI Kabupaten Bekasi kesayangannya sendiri maka diambil huruf “ X “ sebagai arti keanggotaan SOEBEX MANIA sendiri sangat majemuk yang terdiri dari berbagai Golongan, Ras dan Suku maupun beberapa mantan anggota supporter lainnya yang bersatu dan bangga akan adanya team diKota tercinta ini.
  Untuk logo SOEBEX MANIA memakai lambang kelelawar itupun memiliki history tersendiri , mengapa diambil lambang kelelawar bukannya binatang lainnya. Lambang kelelawar diambil karena pada saat itu didaerah berdirinya SOEBEX MANIA terdapat gudang kelelawar yang dilihat setiap waktu sore hari kelelawar itu keluar dari gudangnya secara bersama – sama, itulah yang mengilhami dari para pendiri SOEBEX MANIA untuk diambil sebagai lambang yang mengartikan bahwa SOEBEX MANIA selalu bersama – sama dalam memberikan dukungan, memecahkan suatu masalah dan untuk mengapreasikan rasa persaudaraan yang tinggi. Adapun dalam bendera lebih dominan warna hijau stabilo ( Greenlight ) dan merah menyala, itupun diambil dari warna kaos yang dipakai oleh team kebanggaan PERSIPASI Kota Bekasi dan mengartikan akan kecerahan sikap yang teguh, loyalitas dan mandiri sedangkan merah mengartikan akan keberanian dalam mengambil sikap dan prinsip untuk mendukung team PERSIPASI Kota Bekasi sebagai team kebanggaan kota Bekasi.
 Adapun awalnya berdirinya SOEBEX MANIA sendiri belum memiliki legalitas hukum akan tetapi lambat laun dari anggota SOEBEX MANIA mencetuskan suatu ide untuk melegalkan legalitas SOEBEX MANIA untuk memiliki badan hukum sendiri terlepas dari team kesayangan karena keinginan anggota SOEBEX MANIA untuk dapat lebih mandiri dan bukan berarti SOEBEX MANIA untuk berdiri tanpa membantu kelangsungan team itu sendiri tapi lebih menitik berat kan akan kemandirian agar dapat mengelola anggota SOEBEX MANIA agar lebih mengerti akan loyalitas, Perjuangan dan Mandiri. Dan atas berkat do’a dari seluruh anggota dan warga masyarakat Bekasi, maka SOEBEX MANIA menjadi Yayasan SOEBEX Indonesia yang disahkan akta notaris dengan No. 25 tanggal 29 Juli 2011, dan untuk mendapatkan legalitas pun SOEBEX MANIA harus melewati beberapa rintangan dan hambatan, atas berkat perjuangan anggotalah akhirnya SOEBEX MANIA memiliki badan hukum sendiri.
  Kegiatan SOEBEX MANIA pun tidak hanya dunia kesupporteran untuk mendukung team sepakbola kesayangan tapi ada pula kegiatan sosial, kegiatan usaha, pemberdayaan anggota, dan kegiatan lainnya untuk menunjang aktivitas SOEBEX MANIA itu sendiri.
  Sebagai warga masyarakat Bekasi merasa untuk saatnya mendukung PERSIPASI Kota Bekasi di setiap pertandingan dan turut serta dalam memajukan persepakbolaan Bekasi dan Nasional. YAYASAN SOEBEX INDONESIA juga perlu melakukan kegiatan yang berinteraksi terhadap masyarakat dan lingkungan olahraga yang ada di Bekasi. Bahwa peranan YAYASAN SOEBEX INDONESIA dalam memajukan persepakbolaan yang berjiwa penuh pengabdian dan memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap masa depan persepakbolaan Bekasi pada umumnya.
  Demi membentuk wadah supporter yang kreatif dan loyalitas terhadap team sepakbola Bekasi dan untuk membina rasa kekeluargaan antar supporter yang ada di Indonesia,serta salah satu rasa persatuan dan kesatuan Indonesia.
  Guna merealisasikan hal tersebut, maka kami selaku salah satu supporter yang tergabung dalam YAYASAN SOEBEX ( Soeporter Bekasi ) INDONESIA ,merasa bertanggung jawab moral dan materi untuk turut serta mengembangkan persepakbolaan Bekasi dengan cara mengadakan pengkaderan anggota didalam pelaksanaan untuk mendukung PERSIPASI Kota Bekasi dengan tujuan untuk melakukan pembinaan dalam dukungan terhadap pertandingan. Dan adanya kegiatan-kegiatan lainnya dilaksanakan terhadap aplikasi dukungan yang diharapkan sebagai langkah untuk menampung dukungan dan mengembangkan jiwa dan rasa loyalitas yang tinggi terhadap PERSIPASI Kota Bekasi. Oleh karena itu, sebagai sasaran dalam dukungan tersebut bukan hanya sebagai tempat hiburan semata,akan tetapi dapat diadakan dengan disiplin dari masing-masing anggota sebagai tempat menunjang dukungan dan kreatifitas.
  Jadi sasaran pelaksanaan yang telah kami lakukan selama ini diharapkan relevan dan merupakan bagian dari dukungan terhadap persepakbolaan Bekasi dengan dilandasi pola pikir dan jiwa seseorang yang bertujuan untuk membina para anggota YAYASAN SOEBEX ( Soeporter Bekasi ) INDONESIA dalam memajukan persepakbolaan Bekasi dan Indonesia dimasa yang akan datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar